52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan. Dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.” Peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran lain.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan Mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional.
Bidang seni rupa, musik, tari, dan keterampilan memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing. Dalam pendidikan seni dan keterampilan, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi. Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.
B. Tujuan
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
4. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
- Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
- Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
- Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
- Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya. Pada tingkat SD/MI, mata pelajaran Keterampilan ditekankan pada keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar |
| | 1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar |
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif |
| | 2.2 | Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek |
Seni Musik | | | |
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia |
| | 3.2 | Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia |
| | 3.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia |
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Menampilkan permainan pola irama sederhana |
| | 4.2 | Mengekspresikan diri melalui vokal |
| | 4.3 | Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia |
| | 4.4 | Melafalkan lagu anak-anak |
| | 4.5 | Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Tari | | ||
5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat |
| | 5.2 | Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah |
| | 5.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah |
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 | Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan |
| | 6.2 | Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton |
Keterangan
Unsur rupa: Meliputi titik, garis, bidang, warna, dan bentuk (volume, ruang).
Dimensi: Bermakna ukuran. Dua dimensi mengacu pada benda yang memiliki dua ukuran yakni panjang dan lebar. Tiga Dimensi mengacu pada benda yang selain memiliki ukuran panjang dan lebar, juga memiliki ketebalan (isi, volume,ruang).
Gambar ekspresi: Gambar yang dibuat dengan maksud menyatakan gagasan/perasaan sendiri, tidak meniru orang lain. Tema disesuaikan dengan situasi atau kondisi yang aktual.
Teknik menggunting/menyobek: Teknik berkarya seni rupa dengan menciptakan berbagai bentuk yang dihasilkan dengan cara menggunting/menyobek bahan semacam kertas/karton.
Elemen musik: Terdiri atas empat unsur yakni: (1) pitch (nada, melodi, harmoni), (2) tempo (irama), (3) Warna suara, dan (4) dinamika (keras-lembut).
Dinamik: Semua hal yang berhubungan dengan perbandingan volume nada (keras lembut).
Sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia: siulan, tepukan tangan, dsb.
Alat musik: Alat musik dapat dibedakan atas: (1) Alat musik Nusantara atau biasa pula disebut alat musik tradisional yakni alat musik yang dianggap milik etnis di wilayah Nusantara seperti suling bambu, talempong, talempong, dsb. (2) Alat musik konvensional yakni alat musik nontradisional seperti gitar, piano, biola, drum, saxophone, dll; (3) Alat musik non konvensional yakni segala alat/bahan yang dapat menjadi sumber bunyi seperti batu, kayu, logam, plastik, dsb.
Level: Posisi tinggi rendah dalam melakukan gerakan tari.
Rangsangan bunyi: Bunyi an yang dimaksudkan untuk menggugah perasaan peserta didik untuk menggerakkan tubuh
Penonton: teman sekelas, kelas lain, orang tua murid, undangan
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
7. | Mengapresiasi karya seni rupa | 7.1 | Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar |
| | 7.2 | Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar |
8. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 8.1 | Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif |
| | 8.2 | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel |
Seni Musik | | ||
9. | Mengapresiasi karya seni musik | 9.1 | Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam |
| | 9.2 | Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam |
| | 9.3 | Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana |
10. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 10.1 | Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana |
| | 10.2 | Memeragakan dinamik sederhana |
| | 10.3 | Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana |
| | 10.4 | Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Tari | | ||
11. | Mengapresiasi karya seni tari | 11.1 | Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat |
| | 11.2 | Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah |
| | 11.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah |
12. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | 12.1 | Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi |
| 12.2 | Merangkaikan gerak tari sesuai iringan bunyi | |
| 12.3 | Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri |
Keterangan:
Teknik menempel: Teknik menciptakan karya seni rupa dengan cara menempelkan berbagai bahan pada bidang datar. Termasuk teknik ini adalah mosaik dan aplikasi.
Sumber bunyi yang dihasilkan alam: bunyi tetesan air, kicauan burung, dsb.
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||||
Seni Rupa | | ||||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa | ||
| | 1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa | ||
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif | ||
| | 2.2 | Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal | ||
Seni Musik | | ||||
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik | ||
| | 3.2 | Membedakan antara nada dengan irama | ||
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memeragakan dinamik sederhana | ||
4.2 | Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana | ||||
4.3 | Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana | ||||
4.4 | Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton | ||||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Tari | | ||
5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Mengidentifikasi gerak alam semesta |
| | 5.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta |
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 | Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak |
| | 6.2 | Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari |
Keterampilan | | ||
7. | Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan | 7.1 | Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam |
| | 7.2 | Menyiapkan bahan alam untuk pembuatan cat |
| | 7.3 | Membuat cat pewarna dari bahan alam |
Keterangan:
Teknik cetak: Teknik berkarya seni rupa dengan cara menciptakan gambaran (citra) tidak dengan goresan langsung tetapi dengan media perantara/klise. Dalam bahasa Inggeris, teknik cetak disebut printmaking. Pada teknik cetak tunggal (monoprint), hasil cetakan hanya satu karena klisenya berubah sesudah digunakan.
Sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat khusus musik: sendok yang dipukulkan pada botol, tiupan pada kertas yang terjilid, dsb.
Eksplorasi gerak: adalah kegiatan menggali lebih dalam berbagai gerak sehingga ditemukan berbagai macam gerak baru.
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
8. | Mengapresiasi karya seni rupa | 8.1 | Mengidentifikasi unsur rupa pada karya seni rupa |
| | 8.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi |
9. | Mengekspresikan diri melalui seni rupa. | 9.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi |
| | 9.2 | Menggunakan klise cetak timbul |
| | 9.3 | Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul |
Seni Musik | | ||
10. | Mengenal unsur musik | 10.1 | Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional |
| | 10.2 | Membedakan antara nada dengan irama |
11. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 11.1 | Memeragakan dinamik sederhana |
| 11.2 | Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi sederhana | |
| | 11.3 | Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana |
Seni Tari | | ||
12 | Mengapresiasi karya seni tari | 12.1 | Mengidentifikasi gerak alam semesta |
| | 12.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta |
13. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 13.1 | Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak |
| | 13.2 | Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari |
| | 13.3 | Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton |
Keterampilan | | ||
14. | Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan | 14.1 | Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan buatan yang aman |
| | 14.2 | Menyiapkan bahan buatan yang aman untuk pembuatan cat |
| | 14.3 | Membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman |
Keterangan:
Sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional: melalui pukulan, tekanan, gesekan, atau tiupan.
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
| | 1.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi |
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri |
| | 2.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat |
Seni Musik | | ||
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana |
| | 3.2 | Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik |
| | 3.3 | Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu |
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memainkan alat musik ritmis sederhana |
| | 4.2 | Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana |
Seni Tari | | ||
5 | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Menjelaskan simbol dalam seni tari |
| | 5.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan |
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. | 6.1 | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema tanpa iringan |
| | 6.2 | Menyajikan tarian pendek bertema tanpa iringan |
Keterampilan | | ||
7. | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | 7.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin |
| | 7.2 | Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas |
| | 7.3 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas |
Keterangan
Simbol: makna yang dikandung. Misalnya merah adalah simbol keberanian. Motif katak adalah simbol pemanggil hujan.
Gambar dekoratif: Gambar yang dimaksudkan sebagai hiasan. Biasanya menggunakan motif (tumbuhan, hewan, manusia)yang bentuknya diubah tetapi masih dikenal ciri khasnya.
Gambar Imajinatif: Gambar yang bersifat hayalan. Gambar imajinatif mengenai diri sendiri misalnya menggambarkan diri memiliki sayap sehingga dapat terbang di angkasa.
Simbol Nada: Tanda atau lambang yang telah disepakati misalnya penggunaan notasi balok atau angka dalam menyuarakan suatu bunyi nada (1 dibaca sebagai nada do).
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum, properti, tata rias atau gerakan.
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
8. | Mengapresiasi karya seni rupa | 8.1 | Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi |
| | 8.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi |
9. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 9.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar |
| | 9.2 | Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi |
Seni Musik | | ||
10. | Mengapresiasi karya seni musik | 10.1 | Menjelaskan simbol tempo dalam lagu |
| | 10.2 | Menjelaskan makna ansambel |
| | 10.3 | Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik |
| | 10.4 | Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu |
11 | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 11.1 | Memainkan musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis sederhana |
| | 11.2 | Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana |
Seni Tari | | ||
12 | Mengapresiasi karya seni tari | 12.1 | Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari |
| | 12.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan |
| | 12.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat |
13. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 13.1 | Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan |
| | 13.2 | Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan |
| | 13.3 | Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik |
Keterampilan | | ||
14 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | 14.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin |
| | 14.2 | Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas |
| | 14.3 | Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas |
Keterangan
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum (busana), properti (peralatan), tata rias atau gerakan.
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa. | 1.1 | Menjelaskan makna seni rupa terapan |
| | 1.2 | Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat |
| | 1.3 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan |
| | 1.4 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan |
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb |
| | 2.2 | Memamerkan hasil gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas |
Seni Musik | | ||
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis |
| | 3.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis |
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Menyiapkan permainan alat musik ritmis |
| | 4.2 | Memainkan alat musik ritmis di depan penonton |
Seni Tari | | ||
5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat |
| | 5.2 | Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat |
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 6.2 | Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat Memeragakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton |
Keterampilan | | ||
7. | Mengapresiasi karya kerajinan | 7.1 7.2 | Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara Menampilkan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara |
8. | Membuat karya kerajinan dan benda konstruksi. | 8.1 | Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara |
| | 8.2 | Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat |
| | 8.3 | Merancang benda dengan teknik konstruksi |
| | 8.4 | Membuat benda dengan teknik konstruksi |
Keterangan
Gambar Ilustrasi: Gambar yang menceriterakan tentang suatu benda, hal, atau peristiwa.
Keartistikan: Keindahan karya seni rupa yang tercermin pada berbagai faktor antara lain keserasian warna, proporsi bentuk, dan kerapian.
Alat musik ritmis: Alat musik yang tidak memiliki nada, misalnya ringbel, tamburin, gendang. Alat musik ritmis juga merupakan penggolongan alat musik berdasarkan fungsinya.
Tari Nusantara: Tari Nusantara adalah tari yang hidup dan berkembang di seluruh wilayah Nusantara. Tari Nusantara identik dengan tari tradisional.
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
9. | Mengapresiasi karya seni rupa | 9.1 | Menjelaskan makna seni rupa murni |
| | 9.2 | Mengidentifikasi jenis karya seni rupa murni yang ada di daerah setempat |
| | 9.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa murni |
10. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 10.1 | Membuat relief dari bahan plastis dengan pola motif hias |
| | 10.2 | Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas |
| | 10.3 | Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk pameran kelas |
Seni Musik | | ||
11. | Mengapresiasi karya seni musik | 11.1 | Menjelaskan makna dinamika dalam seni musik |
| | 11.2 | Mengidentifikasi perbedaan dinamika |
| | 11.3 | Mengidentifikasi alat musik melodis |
| | 11.4 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik |
12. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 12.1 | Memainkan alat musik melodis sederhana |
| | 12.2 | Menyiapkan penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana |
| | 12.3 | Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana |
Seni Tari | | ||
13 | Mengapresiasi karya seni tari | 13.1 | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain |
| | 13.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol dan keunikan gerak, busana, serta perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain |
14. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 14.1 14.2 | Menyiapkan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan Memeragakan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton |
Keterampilan | | ||
15. | Mengapresiasi karya kerajinan | 15.1 15.2 | Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat |
16. | Membuat karya kerajinan dan benda konstruksi | 16.1 | Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara |
| | 16.2 | Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri |
| | 16.3 | Merancang pembuatan benda dengan teknik konstruksi |
| | 16.4 | Membuat benda dengan teknik konstruksi |
Keterangan:
Relief: Lukisan timbul yang diciptakan dengan cara memahat atau membentuk, menempel, memijit, dsb.
Pola motif hias: Motif geometris, tumbuhan, hewan, atau manusia yang dijadikan sebagai pola hiasan.
Bahan plastis: bahan lunak yang mudah dibentuk.
Alat musik melodis: Alat musik yang memiliki nada misalnya seruling, pianika, rekorder. Alat musik ritmis juga merupakan penggolongan alat musik berdasarkan fungsinya.
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Menjelaskan makna motif hias |
| | 1.2 | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat |
| | 1.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat |
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias Nusantara |
| | 2.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya |
| | 2.3 | Membuat motif hias dasar jumputan pada kain |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Musik | | ||
3. | Mengapresiasi karya seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara |
| | 3.2 | Menjelaskan makna ansambel sejenis |
| | 3.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu daerah Nusantara |
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel sejenis |
| | 4.2 | Mengadakan pementasan perpaduan musik, tari dan bahasa |
Seni Tari | | ||
5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain |
| | 5.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain |
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 6.2 | Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah lain tanpa iringan Memeragakan tari Nusantara daerah lain tanpa iringan |
Keterampilan | | ||
7. | Mengapresiasi karya kerajinan | 7.1 7.2 | Mendeskripsi kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan meronce Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan meronce |
8. | Membuat karya kerajinan dan benda permainan | 8.1 | Merancang karya kerajinan meronce |
| 8.2 | Membuat karya kerajinan meronce | |
| | 8.3 | Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali |
| | 8.4 | Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali |
Keterangan
Meronce: Teknik membuat benda pakai/hias dari bahan manik-manik, biji-bijian, yang dirangkai dengan benang.
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||||
Seni Rupa | | ||||
9. | Mengapresiasi karya seni rupa | 9.1 | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat | ||
| | 9.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat | ||
10. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 10.1 | Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan | ||
| | 10.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya | ||
| | 10.3 | Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas | ||
| | 10.4 | Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah | ||
Seni Musik | | ||||
11. | Mengapresiasi karya seni musik | 11.1 | Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara | ||
| | 11.2 | Menjelaskan makna ansambel gabungan | ||
| | 11.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah Nusantara | ||
12. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 12.1 | Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel gabungan | ||
| | 12.2 | Menyiapkan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana untuk dipentaskan di kelas atau di sekolah | ||
| | 12.3 | Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah | ||
Seni Tari | | ||||
13 | Mengapresiasi karya seni tari | 13.1 | Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain | ||
| | 13.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain | ||
| | 13.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain | ||
14. | Mengekspresikan diri melalui seni tari | 14.1 | Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah lain dengan iringan | ||
| | 14.2 | Menyajikan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | ||
| | 14.3 | Mengadakan pementasan perpaduan seni musik dan seni tari | ||
Keterampilan | | ||||
15. | Mengapresiasi karya kerajinan | 15.1 15.2 | Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame | ||
16. | Membuat karya kerajinan dan benda permainan | 16.1 | Merancang karya kerajinan makrame | ||
| | 16.2 | Membuat karya kerajinan makrame | ||
| | 16.3 | Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali | ||
| | 16.4 | Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali | ||
Keterangan
Makrame: Membuat benda pakai/hias dari bahan tali-temali dengan teknik simpul.
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
1. | Mengapresiasi karya seni rupa | 1.1 | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain |
| | 1.2 | Menjelaskan cara membatik |
| | 1.3 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain |
2. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 2.1 | Membatik dengan teknik sederhana |
| 2.2 | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah | |
| | 2.3 | Merancang boneka |
| | 2.4 | Membuat boneka berdasarkan rancangan |
Seni Musik | | ||
3. | Mengapresiasi seni musik | 3.1 | Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah Nusantara |
| | 3.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara |
4. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 4.1 | Memainkan alat musik ritmis dan melodis |
| | 4.2 | Menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan iringan sederhana |
Seni Tari | | ||
5. | Mengapresiasi karya seni tari | 5.1 | Menjelaskan makna pola lantai pada tarian |
| | 5.2 | Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat |
| | 5.3 | Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat |
6. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 6.1 | Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok |
| | 6.2 | Memeragakan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok |
Keterampilan | | ||
7. | Mengapresiasi karya kerajinan | 7.1 | Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan anyaman |
| | 7.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan anyaman |
8. | Membuat karya kerajinan | 8.1 | Membuat kerajinan anyaman |
| | 8.2 | Merancang benda pakai dari bahan anyaman |
| | 8.3 | Membuat benda pakai dari bahan anyaman |
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Seni Rupa | | ||
9. | Mengapresiasi karya seni rupa | 9.1 | Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain |
| | 9.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain |
10. | Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | 10.1 | Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar |
| | 10.2 | Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas |
| | 10.3 | Menata karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas |
Seni Musik | | ||
11. | Mengapresiasi karya seni musik | 11.1 | Membandingkan berbagai lagu dan musik Nusantara |
| | 11.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara |
12. | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | 12.1 | Memainkan alat musik ritmis dan melodis |
| | 12.2 | Menyiapkan pertunjukan lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana |
| | 12.3 | Mementaskan pertunjukan nyanyian lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana |
Seni Tari | | ||
13. | Mengapresiasi karya seni tari | 13.1 | Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara |
| | 13.2 | Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan |
14. | Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | 14.1 | Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok |
| | 14.2 | Menyiapkan pertunjukan tari Nusantara di sekolah |
| | 14.3 | Menggelar pertunjukan tari Nusantara di sekolah |
Keterampilan | | ||
15. | Mengapresiasi karya kerajinan | 15.1 | Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda |
| | 15.2 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda |
16 | Membuat benda mainan beroda | 16.1 | Merancang benda mainan beroda |
| | 16.2 | Membuat benda mainan beroda |
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
mantap bener ya mba ARTIKEL TERKAIT Mata Pelajaran Seni Budaya, thanks ya, ini dia situs celotehpraja.com Apa saja yang ada di celotehpraja Udah pada tau belum? Tentang Blog celotehpraja.com
BalasHapus