Powered By Blogger

Minggu, 28 November 2010

SILABUS PENGEMBANGAN PENDIDIKAN IPA

SILABUS MATA KULIAH
Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kode Mata Kuliah : 507302
Nama Mata Kuliah : PENGEMBANGAN PENDIDIKAN IPA
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : V
Mata kuliah Prasyarat : Pendidikan IPA SD
Deskripsi Mata Kuliah :
Manusia diciptakan oleh Allah swt untuk memanfaatkan dan memelihara alam ini karena kita bagian dari alam. Maka kita perlu mengenal tubuh kita, tumbuhan, hewan dan lingkungan biotik dan abiotik dan proses alam sekitar kita, Oleh sebab itulah perlu adanya kajian tentang hal itu dan kaitannya dengan komponen alam yang lain. Pada materi pengembangan pendidikan IPA ini akan dipelajari tentang tubuh manusia, tumbuhan, hewan, lingkungan, gaya, energi, sumber daya alam, dan lain-lain, sehingga dengan demikian akan meningkatkan kesejahteraan manusia di muka bumi ini.
STANDAR KOMPETENSI :
Memahami makluk hidup (manusia, tumbuhan, dan hewan), lingkungan dan kejadian alam yang terjadi di dalamnya yang saling mempengaruhi kehidupan di alam ini.

Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Ajar Waktu
Alat /Bahan/ Sumber Penilaian
Mengenali bagian dan fungsi tubuh manusia dan tumbuhan serta penggolongan hewan
Serta daur hidup makhluk hidup dan hubungan antar makhluk hidup. 1. Mendeskripsikan fungsi rangka dan alat indera manusia
2. Mengetahui bagian tumbuhan serta fungsinya
3. Mengetahui sumber makanan dan penggolongan hewan berdasar makanan
4. Mendeskripsikan macam-macam daur hidup pada makhluk hidup.
5. Menunjukan hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya.
1. Mendeskripsikan fungsi rangka dan fungsi alat indera dan pemeliharaannya
2. Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan serta fungsinya
3. Menyebutkan sumber-sumber makanan dan penggolongan hewan berdasarkan makanannya
4. Mendiskusikan macam-macam daur hidup pada makhluk hidup.
5. Mendiskusikan hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya. 1. Fungsi Alat Tubuh Manusia
2. Tumbuhan
3. Hewan dan Jenis Makanan,
4. Daur hidup makhluk hidup
5. Makhluk hidup dan lingkungannya. 2X50’ OHP; LCD; Laptop; White board;
Noehi Nasution dan Ketut Budiastra, 1998, Pendidikan IPA di SD; Sri Harmi, Jendela IPA SD 4A; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, PusatPerbukuan Depdiknas, Buku SAINS SD
Haryanto, Erlangga • Pengamatan unjuk kerja di kelas
• Tes essay
• Portofolio
1. Mengidentifikasikan benda dan sifatnya serta gaya terhadap gerak benda.
2. Mengetahui berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari 1. Mendeskripsikan wujud benda serta perubahannya
2. Mengetahui sifat-sifat bahan serta kegunaannya
3. Menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda
4. Memberikan contoh besar gaya dan gaya-gaya yang ada di alam.
5. Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar
6. Menjelaskan energi alternative dan cara penggunaannya
1. Mengklasifikasikan wujud bahan pada benda.
2. Mendiskusikan sifat-sifat bahan dan kegunaannya.
3. Mendiskusikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
4. Mengklasifikasikan contoh-contoh besar gaya dan gaya yang ada di alam
5. Mendiskusikan energy panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
6. Memberikan contoh energi alternative dan penggunaannya.
1. Benda dan sifatnya
2. Gaya
1. Energi panas dan energi bunyi
2. Energi Alternatif 2X50’ OHP; LCD; Laptop; White board;
Noehi Nasution dan Ketut Budiastra, 1998, Pendidikan IPA di SD; Sri Harmi, Jendela IPA SD 4A; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, PusatPerbukuan Depdiknas, Buku SAINS SD
Haryanto, Erlangga • Pengamatan unjuk kerja di kelas
• Tes essay
• Portofolio
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat 1. Menjelaskan hubungan anatar sumber daya alam dengan lingkungan
2. Menjelaskan hubungan anatar sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
3. Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan 1. Menyebutkan berbagai sumber daya alam dan hasilnya
2. Menggolongkan benda menurut asalnya
3. Mendeskripsikan hasil teknologi yang digunakan manusiayang menggunakan sumber daya alam
4. Menyebutkan dampak pengambilan sda tanpa ada usaha pelestarian lingkungan
1. Sumber daya alam 2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 4B; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas • Pengamatan unjuk kerja di kelas
• Tes essay
• Portofolio
Mengidentifikasikan fungsi organ tubuh manusia, hewan, dan tumbuhan hijau 1. Menjelaskan alat pernapasan manusia dan hewan
2. Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia,
3. Mengidentifikasi makanan bergizi dan susunan menu seimbang
4. Menjelaskan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap menjaga nilai gizi
5. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri
6. Menjelaskan manfaat tumbuhan bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi
1. Menjelaskan gas yang diisap dan dihembuskan ketika kita bernapas.
2. Mendeskripsikan pernapasan dada dan pernapasan perut
3. Mengidentifikasi penyebab penyakit alat pernapasan
4. Menjelaskan alat pernapasan hewan,
5. Mendiskusikan makanan bergizi
6. Menjelaskan fungsi karbohidrat, lemak, protein, air, mineral, dan vitamin bagi tubuh
7. Menjelaskan proses tumbuhan hijau berfotosintesis dengan bantuan cahaya Matahari.
8. Menjelaskan tempat tumbuhan hijau menyimpan cadangan makanan, Fungsi organ tubuh manusia, hewan dan tumbuhan hijau 2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas
Menjelaskan bagaimana suatu makhluk hidup menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan 1. Menjelaskan cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya
2. Menghubungkan ciri khusus pada tumbuhan dan habitatnya
3. Menjelaskan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan
1. Mendiskusikan cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk mencari makan dan perlindungan diri
2. Mendiskusikan bentuk penyesuaian diri pada hewan untuk melindungi diri dari musuhnya,
3. Menjelaskan bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk memperoleh makanan
4. Memberikan contoh-contoh bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk melindungi diri dari masuhnya
1. Manusia dan lingkungan 2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas
Mendeskripsikan
hubungan
antara gaya,
gerak, dan
energi Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis
Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari hari
Membandingkan kecepatan jatuh dua benda (yang berbeda berat, bentuk, dan ukuran) dari ketinggian tertentu Menyimpulkan bahwa gaya
Gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah
Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus)
Menjelaskan berbagai cara
memperkecil atau memperbesar gaya gesekan
Mendeskripsikan pengertian magnet dan benda yang bersifat magnetis serta tidak magnetis
Mendeskripsikan pengertian gaya
magnet
Menyebutkan penggunaan gaya
magnet dalam kehidupan seharihari
Membuat magnet dengan cara gosokan, induksi, dan elektromagnet
Membandingkan kecepatan jatuh
dua benda (yang berbeda berat, bentuk, dan ukuran) dari ketinggian tertentu
Mendeskripsikan pengertian gaya
gravitasi
Menunjukkan bahwa gaya gravitasi
Menyebabkan benda bergerak ke bawah
Membandingkan gerak benda pada
permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus)
Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan Gaya 2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas V
Mendeskripsikan
sifat-sifat
cahaya Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap)
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung
(cembung atau cekung)
Menunjukkan peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari hari melalui
percobaan Mendeskripsikan pengertian benda
bening, berwarna, dan gelap
Mendemonstrasikan sifat cahaya yang
Mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap)
Mendeskripsikan pengertian cermin
datar, cermin cekung, dan cermin cembung
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
yang mengenai cermin datar dan
cermin lengkung (cembung atau Cekung
Mendeskripsikan pengertian pembiasan
cahaya Cahaya dan sifat sifatnya 2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas V
Mendeskripsikan
proses
pembentukan
tanah karena
pelapukan
Menggolongkan batuan berdasarkan warna, kekerasan,
permukaan (kasar dan halus)
2. Menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan
3. Mengidentifikasi komposisi dan jenis jenis tanah, misalnya berpasir, tanah liat, dan humus
Menyebutkan macam-macam batuan, antara lain batuan beku, batuan endapan,
dan batuan malihan
Menggolongkan batuan berdasarkan
warna, kekerasan, permukaan (kasar dan halus)
Menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan
Mendeskripsikan proses pelapukan fisika, pelapukan kimia, dan pelapukan biologi
Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah, misalnya berpasir, tanah liat, dan humus
Mendeskripsikan pengertian tanah
berpasir, tanah liat, dan humus Pembentukan tanah 2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas V
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan, tumbuhan o Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya,
o Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya,
o Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
o Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya Mempelajari ciri khusus pada hewan dan tumbuhan
Mempelajari rongga udara pada teratai
Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga.
Mempelajari bau busuk bunga rafflesia
Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus. Ciri-ciri khusus makhluk hidup Ciri ciri khusus beberapa jenis hewan. Ciri ciri khusus beberapa tumbuhan 2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas V
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
o Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
o Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.
o Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak.
o Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif.
o Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
o Menjelaskan peran penyerbukan
o Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.
o Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak.
o Mengetahui cara hewan berkembangbiak
o Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas
o Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar)
o Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar)
o Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar)
o Menjelaskan ciri hewan bertelur dan melahirkan
o Perkembanganbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua; Vegetatif Generatif
o Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif
o Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
o Memahami perkembang biakan dengan stek
o Menjelaskan proses perkembangbiak manusia Perkembangbiakan makhluk hidup (hewan, tumbuhan.) dan perkembangbiakan manusia
2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas V

Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
o Mencari contoh bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan
o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya o Menyebutkan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
o Menjelaskan dampak dari kegiatan manusia yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem
o Siswa berdiskusi mengenai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem Keseimbangan ekosistem
2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas V
Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan
Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat
o Memahami hewan dan tumbuhan yang hampir punah disebut hewan dan tumbuhan langkah
o Menyebutkan hewan yang dilindungi
o Membuat daftar dengan tabel hewan dan tumbuhan yang dilindungi
o Menyebutkan hewan yang dilindungi o Mengumpulkan jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan

Pelestarian makhluk hidup
A. Hewan dan tumbuhan langkah.
2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas V
Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
o Membedakan arti konduktor dan isolator.
o Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas
o Menggolongkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas.
o Memahami sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut.
o Membedakan sifat benda konduktor dan isolator panas
o Menyebutkan beberapa benda yang tergolong konduktor
o Menyebutkan beberapa benda yang tergolong isolator
Konduktor dan isolator panas
2X50” Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas VI
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari

o Mengidentifikasi berbagai sumber energi listrik.
o Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik.
o Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik, misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas.
o Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik.
o Menunjukkan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
o Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga.
o Mempraktikkan cara-cara menghemat energi di rumah atau di sekolah.
o Memberikan alasan-alasan pentingnya menghemat energi, karena sumber energi di bumi jumlahnya terbatas.
o Memahami prinsip kerja sumber energi listrik generator
o Menyebutkan penggerak pembangkit listrik
o Memahami bagian dari baterai, aki
o Memahami prinsip kerja sumber energi Baterai, Aki (akumulator)
o Menjelaskan perubahan energi listrik
o Menyebutkan alat-alat yang menggunakan energi listrik
o Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari PLTN
o Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari baterai
o Menyebutkan alat yang menggunakan listrik sebagai sumber energi
o Memahami cara menjaga keselamatan saat menggunakan listrik
o Menyebutkan bahan bakar selain listrik dan untuk berbagai transportasi
o Memahami bahwa bahan bakar akan habis jika di pergunakan terus menerus
o Memahami proses pembentukkan kembali bahan bakar fosil amat lama
o Berdiskusi tentang hubungan antara dampak hemat energi terhadap polusi dan cara untuk menghemat energi Energi dan Perubahannya Energi listrik
Menerapkan konsep energi gerak
Penggunaan alat listrik
Penggunaan bahan bakar
Hemat energi
2X50’ Sri Harmi, Jendela IPA SD 5; S. Rositawaty dan Aris M, 2008, Senang Belajar IPA, Pusat Perbukuan Depdiknas
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas VI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar